Sejarah Desa

Kampung Aji Jaya KNPI merupakan kampung yang didirikan oleh Pemerintah melalui Program Transmigrasi pada tahun 1982 yang diprakarsai oleh Organisasi Kepemudaan yakni Komite Nasional Pemuda Indonesia yang lebih dikenal dengan nama “KNPI”. Sebagian besar masyarakat Kampung Aji Jaya KNPI berasal dari Kabupaten Tanggamus. Kampung Aji Jaya KNPI terletak ± 20 km dari ibukota Kabupaten Tulang Bawang yaitu Kota Menggala. Dahulu Kampung Aji Jaya KNPI merupakan bagian Wilayah Kabupaten Lampung Utara dan sekarang menjadi bagian dari Wilayah Kabupaten Tulang Bawang. Kampung Aji Jaya KNPI didefinitifkan pada Tahun 1985.

Kampung Aji Jaya KNPI pada tahun 1982 sampai dengan tahun 1984 dipimpin oleh Bapak Syarifudin yang pada saat itu menjabat sebagai Pjs. Kemudian pada tahun 1984 sampai dengan 1985 Kampung Aji Jaya KNPI dipimpin oleh Bapak Subandi yang juga menjabat sebagai Pjs. Pada awal tahun 1985 diadakan pemilihan Kepala kampung untuk pertama kalinya yang hanya diikuti oleh satu orang kandidat sehingga terpilihlah Bapak Makim sebagai Kepala Kampung selama dua periode mulai dari tahun 1985 sampai dengan tahun 1995. Tahun 1995 sampai dengan 2005 Bapak Mahpoel dipercaya sebagai Kepala Kampung Aji Jaya KNPI. Pada periode 2006 sampai dengan 2012 Kampung Aji Jaya KNPI di pimpin oleh Bapak Hi. Bonari. Selanjutnya tahun 2013 dipimpin oleh Bapak Ismanto. Mulai tahun 2020 sampai dengan sekarang Kampung Aji Jaya KNPI dipimpin oleh Bapak Suratno.

Pada awal transmigrasi, kehidupan masyarakatnya begitu memprihatinkan. Untuk mempertahankan hidup, mereka harus menebang hutan belantara menjadi lahan pertanian yang produktif. Dan untuk mencukupi kebutuhan air bersih, mereka juga harus menempuh jarak sejauh ± 3 km ke arah Sungai Pidada atau Sungai Tulang Bawang. Seiring dengan bertambahnya waktu dan perkembangan ekonomi yang pesat, Kampung Aji Jaya KNPI saat ini menjadi Kampung yang maju. Hal ini terlihat dari lahan pertanian sebagian besar masyarakatnya berupa peladangan karet dan sawit sehingga mengakibatkan taraf ekonomi masyarakat Kampung Aji Jaya KNPI menjadi meningkat.

Saat ini warga Kampung Aji Jaya KNPI yang dimotori oleh Kepala Kampung beserta jajarannya, BPK, tokoh masyarakat, dan pemuda bersatu dan bertekad untuk mengubah Kampung Aji Jaya KNPI menjadi Kampung yang berpotensi di era modernisasi.